Perangkat, Perangkat Pembelajaran (silabus, rpp, dan materi) bahasa inggris,, peribahasa, peribahasa nias selatan
Rabu, 30 Mei 2012
PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII
PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII: Silabus Bahasa Inggris                                                                           Silabus   Sekolah                       : S...
Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII
Silabus Bahasa Inggris
 
 
 
 
 
 
 
                            
                                                      
Silabus
Sekolah                       : SMP SWASTA
BHAKTI LUHUR
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran          : BAHASA INGGRIS
Semester                    : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi       : Mendengarkan
1. Memahami  
makna  dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  ||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  ||||||
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional
  (to get things done) dan 
  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
  tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
  mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat 
1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
  transaksional (to get things done) dan 
  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
  tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,
  memuji, dan memberi selamat 
 | 
  
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
  ungkapan: 
A : Let
  me help you. 
B : Thank you so much. 
A: Can I have a bit? 
B: Sure. Here you are.                                                    
   
A: Did you
  break the glass? 
B: Yes I
  did  / 
  No, it wasn’t me. 
A: What do
  you think of this? 
B: Not bad. 
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
  ungkapan: 
A: Would you come to my party? 
B: I’d love to / 
  I want to, but ........ 
A; I do agree 
B; Thanks for the support. 
A; No way .... 
B:  It’s O.K. No
  problem 
A: You have beautiful hair. 
B: Thank you. 
A: Happy birthday. 
B: Thank you. 
 | 
  
1.     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait
  tema topik yang akan dibicarakan. 
2.     Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase)
  tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
  informasi faktual, pendapat terkait 
  materi percakapan . 
3.     Mendengarkan percakapan 
  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi. 
4.    Menjawab
  pertanyaan tentang isi percakapan. 
5.    Memberi respon
  lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar. 
1.     Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal
  terkait topik/ungkapan yang akan dibahas 
2.     Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik /
  ungkapan yang dibahas 
3.     Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri 
4.     Tanya jawab tentang isi percakapan  
5.     Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam
  percakapan 
 | 
  
m 
·        
  Merespon ungkapan
  meminta, memberi, menolak jasa 
·        
  Merespon ungkapan
  meminta, memberi, menolak barang 
·        
  Mengakui, mengingkari
  fakta 
·        
  Merespon ungkapan
  meminta dan memberi pendapat 
·        
  Merespon ungkapan mengundang,menerima,
  dan menolak ajakan 
·        
  Merespon ungkapan
  menyetujui / tidak menyetujui 
·        
  Merespon ungkapan
  memuji 
·        
  Merespon ungkapan
  memberi selamat 
 | 
  
Tes  lisan 
Tes lisan 
Tes lisan 
Tes lisan 
Tes lisan  
 | 
  
Merespon secara lisan 
Pertanyaan lisan 
Pilihan ganda 
Pertanyaan lisan 
Isian 
 | 
  
Respond the following statement 
Q: Let me help you 
A:....... 
Q: Can I have a bit? 
A: ........... 
Choose the right response 
Q: Did you break the glass? 
a. Yes, I did 
b. I don’t know 
c. I’m not sure 
d. All right 
Q: What do you think of my new dress 
A:............ 
Write your response to the following statements: 
1.
  Would you go with me to the movie? 
2.
  I do agree with
  you to join the speech contest 
3.
  You have beautiful hair. 
4. You passed
  your exams. Congratulations. 
 | 
  
8x 40 menit 
8  x 40 menit 
 | 
  
1. Script percakap - 
    an 
2. Rekaman 
    Percakapan: 
-  Cassette 
-  Tape  
  
  Recorder 
-  CD 
-  CD Player 
-  TV 
3. Gambar- 
gambar/ 
benda
  terkait 
1  Script percakapan  
2  Rekaman percakapan 
3  Tape recorder 
4  Gambar yang relevan 
5      Buku teks yang relevan 
 | 
 
Standar Kompetensi  : Mendengarkan
2.    
Memahami   makna  
dalam teks  lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  ||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  ||||||
1.3  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan
  fungsional pendek sederhana  secara
  akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 
1.4  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
  sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan
  sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount 
 | 
  
·  
  Teks
  fungsioanl pendek berupa :                 
  Undangan                     
Contoh: 
Dear Rio,  
I want you to come to my house for lunch on Sunday at
  12 a.m. 
Thanks. 
                    
  Mona 
·   Ciri kebahasaan teks fungsional pendek 
·   Langkah retorika teks:  
-     descriptive (identification – descriptions) 
-     recount ( orientation
  events) 
-     reorientation 
Teks lisan berbentuk 
·        
  descriptive 
·        
  recount 
Langkah retorika teks : 
·        
  descriptive
  (identification – descriptions) 
·        
  recount (
  orientation events – reorientation) 
 | 
  
1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema
  yang akan dibahas 
2.     Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan
  (noun phrase, verb phrase) 
3.     membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam
  undangan: 
-      I want you
  to come 
     to....... 
-      Please
  come to ..... 
-      Don’t
  forget to come 
      to...... 
4.     Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan) 
5.     menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks
  fungsional, undangan. 
6.     Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman. 
7.     Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan 
-      invitee 
-      occasion 
-      time 
-      place 
-      Invitor 
1      Eliciting
  kosakata terkait tema/topik/ jenis teks 
2      Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan
  dibahas 
3      Mendengarkan teks 
  monolog descriptive / recount dengan topik tertentu 
4      Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait
  teks yang didengar 
5      Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks
  yang didengar 
 | 
  
·        
  Mengidentifikasi
  informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa   
undangan.    
·        
  Mengidentifikasi ciri
  kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa   Undangan.                            
·        
  Mengidentifikasi
  Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount 
·        
  Mengidentifikasi
  fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.   
 | 
  
Tes tertulis 
Tes lisan 
Tes tulis 
 | 
  
Melengkapi
  rumpang 
Pertanyaan
  lisan 
PG 
 | 
  
Complete the following sentences based on the text you
  hear 
Answer the questions orally based on the text you
  listen to 
Choose the best option based on the text you have listened
  to  
 | 
  
8 x 40 menit 
8 x 40 menit 
 | 
  
1.  Script
  teks undangan 
2. Rekaman undangan 
-       cassette 
-       tape recorder 
-       CD 
-       CD Player 
-       TV 
3.
  Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks 
1  Buku teks yang relevan 
2  Gambar terkait tema / topik 
3      Script teks:  descriptive / recount  
4  Rekaman teks 
5  Tape recorder 
6  OHP 
7  Lingkungan sekitar 
 | 
 
Standar Kompetensi  : Berbicara
3.    Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  ||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  ||||||
       
  Mengungkapkan
  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana
  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
  meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
  mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat  
       
  Memahami
  dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana
  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
  mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
  dan memberi selamat 
 | 
  
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
  ungkapan. 
A; Let
  me help you. 
B: Thank you so much. 
A: Can I have a bit. 
B: Sure. Here you are. 
A: Did you
  break the glass? 
B: Yes, I did  / 
No, it wasn’t me. 
A: What do
  you think of this? 
B: Not bad. 
A: Would you come to  
     party? 
B: I’d love to / I wan’t to, 
    but ......... 
A: I do agree. 
B: Thanks for the 
     Support. 
A: No, way, ... 
B: It’s O.K. I  
     understand. 
A: You have beautiful  
     hair. 
B: Thank you. 
A: Happy birthday. 
B; Thank you. 
 | 
  
1.     Review kosakata
  dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema 
2.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut 
3.     Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru 
4.     Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi
  /gambar yang disediakan 
5.     Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real
  life situation 
1.     Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya  
2.     Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang
  akan dibahas 
3.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait
  materi 
4.     Menirukan percakapan yang diucapkan guru 
5.     Melakukan percakapan yang diberikan 
6.     Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan 
 | 
  
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta 
·        
  Bertanya
  dan memberi pendapat 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang memuji 
·        
  Bertanya
  dan menjawab tentang memberi selamat 
 | 
  
Tes lisan 
Tes lisan 
 | 
  
Bermain
  peran 
Bermain peran 
 | 
  
Create a dialogue based on the role cards and perform
  it in front of the class. 
Create a dialogue based on the role cards and perform
  it in front of the class. 
 | 
  
8 x 40 menit 
 8 x
  40 menit 
 | 
  
1. Buku teks yang relevan 
2.  Gambar-gambar
  terkait tema 
3. Realia 
Benda sekitar 
 | 
 
Standar Kompetensi  : Berbicara
4.    
Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  |||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  |||||||
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan
  fungsional pendek  sederhana dengan
  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
  berinteraksi dengan lingkungan sekitar 
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana
  dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima
  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount 
 | 
  
Teks fungsional pendek berupa :Undangan                           
1. Teks pendek berbentuk  recount 
2.   –  informasi faktual 
-   informasi rinci 
-   gagasan utama 
-   gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount 
3.   Ciri kebahasaan
  teks  
     
  recount 
 | 
  
1.     Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan 
2.     Tanya jawab tentang isi teks “undangan” 
3.     Tanya jawab tentang struktur teks 
4.     Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk
  undangan 
- I want to come to.... 
- Please come to ........ 
5.     Berlatih mengundang seseorang  secara lisan menggunakan gambit-gambit
  tertentu 
        Contoh: 
        A: Hi Guys, I want you all to       come to my birthday party. 
       
  B: We’d love to! When? 
       
  A: Tomorrow, at 4.00 
6.     Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan
  undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan 
7.     Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan 
1.     Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian,
  pengalaman ) 
2.     Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount 
3.     Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami
  melalui tanya jawab  
4.     Melakukan monolog dalam bentuk  recount  
 | 
  
·        
  Mengungkapan
  secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.                                   
Contoh:  
Dear Rio,  
       I want you to come to my      house for lunch on Sunday at 12 a.m. 
      Thanks.  
      Mona 
·        
  Bertanya
  dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek
  berbentuk undangan                                                    
1.     Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan
  dalam teks pendek berbentuk :                                               
  - Recount 
2.     Melakukan monolog pendek dalam bentuk  recount 
 | 
  
Tes lisan 
Tes lisan 
Tes lisan 
 | 
  
Performance 
Performance 
 | 
  
Invite your friend 
  to come to your bithday party orally! 
Think of an activity or event that happened to you
  yesterday and tell us about it. 
 | 
  
8  x 40  menit 
9 x 40 menit 
 | 
  
1. Buku teks yang relevan 
2. Gambar terkait tema/topik 
3. Benda-benda sekitar 
1. Buku teks yang relevan 
2. Koran/majalah 
3. Gambar peristiwa 
 | 
 |
Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  ||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  ||||||
        
  Membaca nyaring
  bermakna teks tulis fungsional dan 
  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan,
  tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar 
        
  Merespon makna dalam
  teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima
  yang berkaitan dengan lingungan sekitar 
Merespon makna dan
  langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
  berterima  yang berkaitan dengan
  lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount 
 | 
  
§ Teks berbentuk
  deskripsi       
·   Makna gagasan 
·   Makna tekstual dalam teks descriptive
  dan recount 
·   Langkah retorika teks descriptive dan recount 
·   Tujuan komunikatif teks descriptive
  dan recount 
·   Ciri kebahasaan teks descriptive
  dan recount 
 | 
  
1.     Membaca teks yang
  berbentuk deskripsi  
2.     menjawab pertanyaan
  sesuai dengan teks bacaan 
1.     Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan 
2.     Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount 
3.     Membaca teks descriptive/recount 
4.     Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks 
5.     Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks
  descriptive/recount 
6.     Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca 
7.    
  Membaca nyaring dan
  bermakna teks descriptive/recount 
 | 
  
·        
  Memahami
  isi bacaan text yang berbentuk deskripsi 
·        
  Memahami  makna 
·        
  Memahami
  ide pokok teks deskripsi 
·        
  Memahami
  item penting yang terdapat dalam teks  
·        
  Makna gagasan 
·        
  Makna tekstual dalam
  teks descriptive dan recount 
·        
  Langkah retorika teks descriptive dan recount 
·        
  Tujuan komunikatif
  teks descriptive dan recount 
·        
  Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount 
 | 
  
Tes Tertulis 
Tes tertulis 
Tes tulis 
Tes lisan 
 | 
  
Menjawab Pertanyaan 
PG 
Membaca nyaring 
 | 
  
Answer the  following questions
  based on the text 
Choose the best option based on the text 
Read the text aloud. 
 | 
  
8  x 40 menit 
8 x 40 menit 
8 x 40 menit 
 | 
  
1. Buku teks yang relevan 
2. Gambar terkait tema/topik 
3. Benda-benda sekitar 
1. Buku teks yang relevan 
2. Koran/majalah 
3. Gambar peristiwa/tempat 
4. Lingkungan sekitar 
 | 
 
 Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan 
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi  
Dasar 
 | 
   
Materi 
Pokok/Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
Indikator 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi 
 Waktu 
 | 
   
Sumber  
Belajar 
 | 
  |||
Teknik 
 | 
   
Bentuk 
 Instrumen 
 | 
   
Contoh  
Instrumen 
 | 
  |||||||
6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
  berterima  untuk berinteraksi dengan
  lingkungan sekitar dalam  teks
  berbentuk descriptive dan recount 
 | 
  
Teks fungsional pendek 
  berupa : 
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat 
Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                  
  - recount 
Kalimat acak 
 | 
  
1.     Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan
  dibahas 
2.     Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional  
3.     Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks 
4.     Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks 
1.     Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat. 
2.     Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang
  berdasarkan gambar/realia. 
3.     Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat. 
4.     Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu. 
5.     Membuat draft teks deskriptive secara mandiri. 
6.     Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas. 
 | 
  
·        
  Melengkapi rumpang
  teks fungsional pendek 
·        
  Meyusun kata menjadi
  teks fungsional yang bermakna 
·        
  Menulis teks
  fungsional pendek 
·        
  Melengkapi rumpang
  teks essai pendek berbentuk descriptive
   
·        
  Menyusun kalimat
  menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive
   
·        
  Menulis teks essai
  dalam bentuk descriptive . 
 | 
  
Tes tulis 
Tes tulis 
Tes tulis 
Tes tulis 
 | 
  
Essay 
Completion 
Jumbled sentences 
Essay 
 | 
  
1.
  Write simple sentences based on the situation given. 
2.
  Write an invitation/ an announcement / message based on the situation
  given. 
·  
  Complete the paragraph
  using the suitable words. 
·  
  Rearrange the following
  sentences correctly. 
·  
  Write  an essay describing something or a certain
  place. 
 | 
  
8 x 40 menit 
8 x 40 menit 
 | 
  
1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS 
2. Gambar yang relevan 
1. Buku teks yang relevan 
2. Gambar terkait tema/topik 
3. Benda-benda sekitar 
 | 
 |
 Bawonahono,15Juli2011
                                                                                                                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
                                                 AGUSTINUS SIHURA, S.Pd 
Langganan:
Komentar (Atom)