Perangkat, Perangkat Pembelajaran (silabus, rpp, dan materi) bahasa inggris,, peribahasa, peribahasa nias selatan
Rabu, 30 Mei 2012
PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII
PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII: Silabus Bahasa Inggris Silabus Sekolah : S...
Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII
Silabus Bahasa Inggris
Silabus
Sekolah : SMP SWASTA
BHAKTI LUHUR
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,
memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan:
A : Let
me help you.
B : Thank you so much.
A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.
A: Did you
break the glass?
B: Yes I
did /
No, it wasn’t me.
A: What do
you think of this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /
I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No
problem
A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
1. Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait
tema topik yang akan dibicarakan.
2. Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase)
tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
informasi faktual, pendapat terkait
materi percakapan .
3. Mendengarkan percakapan
yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4. Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan.
5. Memberi respon
lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.
1. Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal
terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
2. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik /
ungkapan yang dibahas
3. Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
4. Tanya jawab tentang isi percakapan
5. Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam
percakapan
|
m
·
Merespon ungkapan
meminta, memberi, menolak jasa
·
Merespon ungkapan
meminta, memberi, menolak barang
·
Mengakui, mengingkari
fakta
·
Merespon ungkapan
meminta dan memberi pendapat
·
Merespon ungkapan mengundang,menerima,
dan menolak ajakan
·
Merespon ungkapan
menyetujui / tidak menyetujui
·
Merespon ungkapan
memuji
·
Merespon ungkapan
memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Merespon secara lisan
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
Pertanyaan lisan
Isian
|
Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......
Q: Can I have a bit?
A: ...........
Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think of my new dress
A:............
Write your response to the following statements:
1.
Would you go with me to the movie?
2.
I do agree with
you to join the speech contest
3.
You have beautiful hair.
4. You passed
your exams. Congratulations.
|
8x 40 menit
8 x 40 menit
|
1. Script percakap -
an
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar-
gambar/
benda
terkait
1 Script percakapan
2 Rekaman percakapan
3 Tape recorder
4 Gambar yang relevan
5 Buku teks yang relevan
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
2.
Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.3 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
1.4 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
·
Teks
fungsioanl pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at
12 a.m.
Thanks.
Mona
· Ciri kebahasaan teks fungsional pendek
· Langkah retorika teks:
- descriptive (identification – descriptions)
- recount ( orientation
events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
·
descriptive
·
recount
Langkah retorika teks :
·
descriptive
(identification – descriptions)
·
recount (
orientation events – reorientation)
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema
yang akan dibahas
2. Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan
(noun phrase, verb phrase)
3. membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam
undangan:
- I want you
to come
to.......
- Please
come to .....
- Don’t
forget to come
to......
4. Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
5. menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks
fungsional, undangan.
6. Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
7. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
- invitee
- occasion
- time
- place
- Invitor
1 Eliciting
kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
2 Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan
dibahas
3 Mendengarkan teks
monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
4 Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait
teks yang didengar
5 Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks
yang didengar
|
·
Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa
undangan.
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa Undangan.
·
Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
·
Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pertanyaan
lisan
PG
|
Complete the following sentences based on the text you
hear
Answer the questions orally based on the text you
listen to
Choose the best option based on the text you have listened
to
|
8 x 40 menit
8 x 40 menit
|
1. Script
teks undangan
2. Rekaman undangan
- cassette
- tape recorder
- CD
- CD Player
- TV
3.
Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks
1 Buku teks yang relevan
2 Gambar terkait tema / topik
3 Script teks: descriptive / recount
4 Rekaman teks
5 Tape recorder
6 OHP
7 Lingkungan sekitar
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
Memahami
dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan.
A; Let
me help you.
B: Thank you so much.
A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.
A: Did you
break the glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do
you think of this?
B: Not bad.
A: Would you come to
party?
B: I’d love to / I wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
1. Review kosakata
dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3. Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4. Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi
/gambar yang disediakan
5. Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real
life situation
1. Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2. Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang
akan dibahas
3. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait
materi
4. Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5. Melakukan percakapan yang diberikan
6. Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan
|
·
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
·
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
·
Bertanya
dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
·
Bertanya
dan memberi pendapat
·
Bertanya
dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan
·
Bertanya
dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui
·
Bertanya
dan menjawab tentang memuji
·
Bertanya
dan menjawab tentang memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Bermain
peran
Bermain peran
|
Create a dialogue based on the role cards and perform
it in front of the class.
Create a dialogue based on the role cards and perform
it in front of the class.
|
8 x 40 menit
8 x
40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar
terkait tema
3. Realia
Benda sekitar
|
Standar Kompetensi : Berbicara
4.
Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan
fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa :Undangan
1. Teks pendek berbentuk recount
2. – informasi faktual
- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan
teks
recount
|
1. Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
2. Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
3. Tanya jawab tentang struktur teks
4. Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk
undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
5. Berlatih mengundang seseorang secara lisan menggunakan gambit-gambit
tertentu
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
6. Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan
undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
7. Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian,
pengalaman )
2. Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
3. Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami
melalui tanya jawab
4. Melakukan monolog dalam bentuk recount
|
·
Mengungkapan
secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
·
Bertanya
dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek
berbentuk undangan
1. Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan
dalam teks pendek berbentuk :
- Recount
2. Melakukan monolog pendek dalam bentuk recount
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Performance
Performance
|
Invite your friend
to come to your bithday party orally!
Think of an activity or event that happened to you
yesterday and tell us about it.
|
8 x 40 menit
9 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa
|
|
Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional dan
esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingungan sekitar
Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
§ Teks berbentuk
deskripsi
· Makna gagasan
· Makna tekstual dalam teks descriptive
dan recount
· Langkah retorika teks descriptive dan recount
· Tujuan komunikatif teks descriptive
dan recount
· Ciri kebahasaan teks descriptive
dan recount
|
1. Membaca teks yang
berbentuk deskripsi
2. menjawab pertanyaan
sesuai dengan teks bacaan
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2. Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3. Membaca teks descriptive/recount
4. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks
descriptive/recount
6. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
7.
Membaca nyaring dan
bermakna teks descriptive/recount
|
·
Memahami
isi bacaan text yang berbentuk deskripsi
·
Memahami makna
·
Memahami
ide pokok teks deskripsi
·
Memahami
item penting yang terdapat dalam teks
·
Makna gagasan
·
Makna tekstual dalam
teks descriptive dan recount
·
Langkah retorika teks descriptive dan recount
·
Tujuan komunikatif
teks descriptive dan recount
·
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
Tes Tertulis
Tes tertulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Menjawab Pertanyaan
PG
Membaca nyaring
|
Answer the following questions
based on the text
Choose the best option based on the text
Read the text aloud.
|
8 x 40 menit
8 x 40 menit
8 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/tempat
4. Lingkungan sekitar
|
Standar Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan - Pengumuman - Pesan Singkat
Teks rumpang berbentuk - descriptive
- recount
Kalimat acak
|
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan
dibahas
2. Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
3. Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks
1. Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
2. Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang
berdasarkan gambar/realia.
3. Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
4. Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
5. Membuat draft teks deskriptive secara mandiri.
6. Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas.
|
·
Melengkapi rumpang
teks fungsional pendek
·
Meyusun kata menjadi
teks fungsional yang bermakna
·
Menulis teks
fungsional pendek
·
Melengkapi rumpang
teks essai pendek berbentuk descriptive
·
Menyusun kalimat
menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive
·
Menulis teks essai
dalam bentuk descriptive .
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Essay
Completion
Jumbled sentences
Essay
|
1.
Write simple sentences based on the situation given.
2.
Write an invitation/ an announcement / message based on the situation
given.
·
Complete the paragraph
using the suitable words.
·
Rearrange the following
sentences correctly.
·
Write an essay describing something or a certain
place.
|
8 x 40 menit
8 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
|
|
Bawonahono,15Juli2011
Guru Mata Pelajaran,
AGUSTINUS SIHURA, S.Pd
Langganan:
Postingan (Atom)