Rabu, 30 Mei 2012

PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII

PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII: Silabus Bahasa Inggris                                                                       Silabus Sekolah                       : S...

Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas VIII

Silabus Bahasa Inggris

                                                                      Silabus

Sekolah                       : SMP SWASTA BHAKTI LUHUR
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran          : BAHASA INGGRIS
Semester                    : 2 (Dua)

Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat






1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                    

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.















Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.





1.     Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2.     Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait  materi percakapan .
3.     Mendengarkan percakapan  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4.    Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.    Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.



1.     Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
2.     Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
3.     Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
4.     Tanya jawab tentang isi percakapan
5.     Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan

m

·         Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
·         Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
·         Mengakui, mengingkari fakta


·         Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat

















·         Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan
·         Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui

·         Merespon ungkapan memuji
·         Merespon ungkapan memberi selamat







Tes  lisan




Tes lisan



Tes lisan








Tes lisan





Tes lisan




Merespon secara lisan



Pertanyaan lisan



Pilihan ganda








Pertanyaan lisan





Isian


Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......

Q: Can I have a bit?
A: ...........

Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Q: What do you think of my new dress
A:............


Write your response to the following statements:
1. Would you go with me to the movie?
2. I do agree with you to join the speech contest
3. You have beautiful hair.
4. You passed your exams. Congratulations.




8x 40 menit


































8  x 40 menit




1. Script percakap -
    an
2. Rekaman
    Percakapan:
-  Cassette
-  Tape
   Recorder
-  CD
-  CD Player
-  TV
3. Gambar-
gambar/
benda terkait











1  Script percakapan
2  Rekaman percakapan
3  Tape recorder
4  Gambar yang relevan
5      Buku teks yang relevan



Standar Kompetensi  : Mendengarkan
2.     Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.3  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

















1.4  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount



·   Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                   
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                     Mona


·   Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




·   Langkah retorika teks:
-     descriptive (identification – descriptions)
-     recount ( orientation events)
-     reorientation













Teks lisan berbentuk
·         descriptive
·         recount


Langkah retorika teks :
·         descriptive (identification – descriptions)
·         recount ( orientation events – reorientation)


1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
2.     Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
3.     membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
-      I want you to come
     to.......
-      Please come to .....
-      Don’t forget to come
      to......
4.     Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
5.     menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
6.     Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
7.     Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
-      invitee
-      occasion
-      time
-      place
-      Invitor

1      Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
2      Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan dibahas
3      Mendengarkan teks  monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
4      Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5      Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar


·         Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa 
undangan.  
                      
·         Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa   Undangan.                          


























·         Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
·         Mengidentifikasi fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount


Tes tertulis






































Tes lisan






Tes tulis

Melengkapi rumpang





































Pertanyaan lisan





PG


Complete the following sentences based on the text you hear



































Answer the questions orally based on the text you listen to



Choose the best option based on the text you have listened to

8 x 40 menit






































8 x 40 menit


















1.  Script teks undangan
2. Rekaman undangan
-       cassette
-       tape recorder
-       CD
-       CD Player
-       TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks



























1  Buku teks yang relevan
2  Gambar terkait tema / topik
3      Script teks:  descriptive / recount
4  Rekaman teks
5  Tape recorder
6  OHP
7  Lingkungan sekitar















Standar Kompetensi  : Berbicara
3.    Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

        Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.









A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.

















1.     Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3.     Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4.     Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
5.     Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation



1.     Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2.     Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
3.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
4.     Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5.     Melakukan percakapan yang diberikan
6.     Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan















·         Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
·         Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
·         Bertanya dan memberi pendapat











·         Bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan

·         Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui


·         Bertanya dan menjawab tentang memuji

·         Bertanya dan menjawab tentang memberi selamat




Tes lisan

























Tes lisan





Bermain peran

























Bermain peran
























Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.





















Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.


































8 x 40 menit

























 8 x 40 menit


1. Buku teks yang relevan
2.  Gambar-gambar terkait tema
3. Realia
Benda sekitar





Standar Kompetensi  : Berbicara
4.     Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar




















4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan                         











































1. Teks pendek berbentuk  recount
2.   –  informasi faktual
-   informasi rinci
-   gagasan utama
-   gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.   Ciri kebahasaan teks
      recount





1.     Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
2.     Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
3.     Tanya jawab tentang struktur teks
4.     Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
5.     Berlatih mengundang seseorang  secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
        Contoh:
        A: Hi Guys, I want you all to       come to my birthday party.
        B: We’d love to! When?
        A: Tomorrow, at 4.00
6.     Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
7.     Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan


                         











1.     Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
2.     Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
3.     Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
4.     Melakukan monolog dalam bentuk  recount



 

·         Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.                                 
Contoh:
Dear Rio,
       I want you to come to my      house for lunch on Sunday at 12 a.m.
      Thanks.
                                    
      Mona


·         Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek berbentuk undangan                                                   

























1.     Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :                                                - Recount
2.     Melakukan monolog pendek dalam bentuk  recount



Tes lisan












































Tes lisan





Tes lisan



Performance












































Performance





Invite your friend  to come to your bithday party orally!









































Think of an activity or event that happened to you yesterday and tell us about it.









8  x 40  menit












































9 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar





































1. Buku teks yang relevan

2. Koran/majalah

3. Gambar peristiwa


 










 
Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
         Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
         Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar

Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount





§ Teks berbentuk deskripsi     






















·   Makna gagasan
·   Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·   Langkah retorika teks descriptive dan recount
·   Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·   Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
                   


1.     Membaca teks yang berbentuk deskripsi
2.     menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan

















1.     Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2.     Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3.     Membaca teks descriptive/recount
4.     Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5.     Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
6.     Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
7.     Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive/recount



·         Memahami isi bacaan text yang berbentuk deskripsi
·         Memahami  makna
·         Memahami ide pokok teks deskripsi
·         Memahami item penting yang terdapat dalam teks















·         Makna gagasan
·         Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·         Langkah retorika teks descriptive dan recount
·         Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·         Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount


Tes Tertulis



Tes tertulis




















Tes tulis






Tes lisan


Menjawab Pertanyaan






















PG






Membaca nyaring







Answer the  following questions based on the text

Choose the best option based on the text




















Read the text aloud.



8  x 40 menit























8 x 40 menit
















8 x 40 menit



1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar
















1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/tempat
4. Lingkungan sekitar


 Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount





Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat











Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




1.     Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
2.     Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
3.     Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks
4.     Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks


1.     Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
2.     Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan gambar/realia.
3.     Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
4.     Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
5.     Membuat draft teks deskriptive secara mandiri.
6.     Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas.




·         Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
·         Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
·         Menulis teks fungsional pendek







·         Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive



·         Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive

·         Menulis teks essai dalam bentuk descriptive .





Tes tulis















Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis





Essay















Completion





Jumbled sentences



Essay




1. Write simple sentences based on the situation given.
2. Write an invitation/ an announcement / message based on the situation given.






·   Complete the paragraph using the suitable words.


·   Rearrange the following sentences correctly.

·   Write  an essay describing something or a certain place.






8 x 40 menit















8 x 40 menit



1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan









1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar












 Bawonahono,15Juli2011
                                                                                                                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,



                                                 AGUSTINUS SIHURA, S.Pd